kisi-kisi uts Grafkom

1.      Jelaskan perbedaan grafik computer dan pengolahan citra !
Jawaban :
GRAFIK KOMPUTER
PENGOLAHAN CITRA
(bagian dari ilmu computer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar(visual) secara digital menggunakan computer).
suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.
Mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik(peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik(rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik)

proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut
Melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis
teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism)

Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra
Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter :
pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi
Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.
Berorientasi pada vektor
Berorientasi pada pixel
Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)
Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
                                                                
2.      Sebutkan jenis-jenis atau bidang yang terkait dengan grafkom!
Jawaban :
a.       Bidang hiburan à misal pada film (grafkom akan menghasilkan efek animasi yang baik dan tampak seperti real/nyata);
b.      Bidang pendidikan à digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalaui power point dll
c.       Computer Art à adalah penggunaan grafkom untuk menghasikjan karya-karya seni (hasilnya bisa berupa kartun, potret, foto, layout, media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior/eksterior) contoh softwarenya adalah [adobe photoshop beserta keluarga adobe yang lainnya, corel, gimp]
d.      Video game àmisal saja game sepak bola yaitu PES (pro evolution soccer), Ragnarok dll
e.       CAD (Computer Aided Design) à alat bantu berbasis computer yang digunakan dalam proses analiss dan desain, khususnya untuk asritektural dan engineering.
f.       CASE (Computer Aided Software Engineering) à untuk memodelkan user requirement, pemodelan basis data, workflow dalam proses bisnis, struktur program dsb. Contoh : Rational Rose, Sybase Power Designer.
g.      Virtual Reality à lingkungan virtual yang dibuat seperti aslinya, dimana user bbisa berinteraksi dengan objek-objek dalam lingkungan 3 dimensi. Contohnya Cave Painting, CMU Cube, Archeological Research
h.      Visualisasi Data à teknik membuat image, giagram atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan.

3.      Sebutkan dan jelaskan jenis transformasi geometri 2D/3D!
a.       Translasi à suatu pergerakan/perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
b.      Rotasi à mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusatnya pada titik pivot.
c.       Skala à penskalaan koordinat bertujuan untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secara skalar.

4.      Sebutkan model warna berorientasi hardware & software!
·         Model warna Berorientasi Hardware
a.      Model RGB (Red, Green , Blue)
b.      Model CMY (Cyan, Magenta, Yellow)
c.       Model YIQ [biasanya untuk warna standar televisi]
·         Model warna Berorientasi Software
a.      Model HSV (Hue, Saturation, Value)
b.      Model HSI (Hue, Saturation, Intensity)
c.       Model HLS (Hue, Lightness, Saturation)

5.      Buatlah satu model objek 2D/3D menggunakan perintah-perintah di Open GL !
·         Membuat Segitiga 2D pada Open GL
glBegin(GL_Triangles);
glVertex(x,y);
glVertex(x2,y2);
glVertex(x3,y3);
glEnd();

·         Membuat bola kasar pada Open GL
Prosedur icosahedron();
Var i: integer;
Begin
For i:= 0 to 19 do
Begin
glColor3f(i/19,i/19,i/19);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3fv(@vdata[tindices[i][0][0]);
glVertex3fv(@vdata[tindices[i][1][0]);
glVertex3fv(@vdata[tindices[i][2][0]);
glEnd();
end;
end;

·         Membuat Kubus pada Open GL
Procedure kubus();
begin
glBegin(GL_QUADS);
//depan
glColor3f(1,0,0);
glVertex3f(1,1,1);
glVertex3f(-1,1,1);
glVertex3f(-1,-1,1);
glVertex3f(1,-1,1);
//belakang
glColor3f(0,1,1);
glVertex3f(1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,-1);
glVertex3f(-1,-1,-1);
glVertex3f(1,-1,-1);
//kiri
glColor3f(0,1,0);
glVertex3f(-1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,1);
glVertex3f(-1,-1,1);
glVertex3f(-1,-1,-1);
//kanan
glColor3f(1,0,1);
glVertex3f(1,1,-1);
glVertex3f(1,1,1);
glVertex3f(1,-1,1);
glVertex3f(1,-1,-1);
//atas
glColor3f(0,0,1);
glVertex3f(1,1,1);
glVertex3f(1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,1);
//bawah
glColor3f(1,1,0);
glVertex3f(1,-1,1);
glVertex3f(1,-1,-1);
glVertex3f(-1,-1,-1);
glVertex3f(-1,-1,1);
glEnd();
end;


Komentar