1. Jelaskan
perbedaan grafik computer dan pengolahan citra !
Jawaban :
GRAFIK
KOMPUTER
|
PENGOLAHAN
CITRA
|
(bagian
dari ilmu computer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi
gambar(visual) secara digital menggunakan computer).
suatu proses pembuatan, penyimpanan
dan manipulasi model dan citra.
|
Mengolah sebuah citra lama
sehingga menjadi citra baru.
Memperbaiki
kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik(peningkatan kontras,
transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik(rotasi,
translasi, skala, transformasi geometrik)
|
proses
untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar
belakang yang terkandung pada gambar tersebut
|
Melakukan
pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis
|
teknik
untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata
(realism)
|
Melakukan proses penarikan informasi
atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra
|
Grafik
Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter :
pembentukan
disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi
model tubuh manusia 3 Dimensi
|
Melakukan kompresi atau reduksi data
untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.
|
Berorientasi pada
vektor
|
Berorientasi pada
pixel
|
Menggunakan
model 2D/3D hasil realistic
|
Mengolah data
citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
|
Cenderung
mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi
(2D/3D)
|
Menitik
beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
|
2. Sebutkan
jenis-jenis atau bidang yang terkait dengan grafkom!
Jawaban :
a. Bidang hiburan
à
misal pada film (grafkom akan menghasilkan efek animasi yang baik dan tampak
seperti real/nyata);
b. Bidang pendidikan à
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalaui
power point dll
c. Computer Art à
adalah penggunaan grafkom untuk menghasikjan karya-karya seni (hasilnya bisa
berupa kartun, potret, foto, layout, media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior/eksterior) contoh softwarenya adalah [adobe photoshop beserta keluarga
adobe yang lainnya, corel, gimp]
d. Video game
àmisal
saja game sepak bola yaitu PES (pro evolution soccer), Ragnarok dll
e. CAD (Computer Aided Design)
à
alat bantu berbasis computer yang digunakan dalam proses analiss dan desain,
khususnya untuk asritektural dan engineering.
f. CASE (Computer Aided Software
Engineering) à untuk
memodelkan user requirement, pemodelan basis data, workflow dalam proses
bisnis, struktur program dsb. Contoh : Rational Rose, Sybase Power Designer.
g. Virtual Reality
à
lingkungan virtual yang dibuat seperti aslinya, dimana user bbisa berinteraksi
dengan objek-objek dalam lingkungan 3 dimensi. Contohnya Cave Painting, CMU
Cube, Archeological Research
h. Visualisasi Data
à
teknik membuat image, giagram atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan.
3. Sebutkan
dan jelaskan jenis transformasi geometri 2D/3D!
a. Translasi à
suatu pergerakan/perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus
sehingga menempati posisi baru.
b. Rotasi à
mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusatnya
pada titik pivot.
c. Skala
à
penskalaan koordinat bertujuan untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada
objek secara skalar.
4. Sebutkan
model warna berorientasi hardware & software!
·
Model
warna Berorientasi Hardware
a.
Model
RGB (Red, Green , Blue)
b.
Model
CMY (Cyan, Magenta, Yellow)
c.
Model
YIQ [biasanya untuk warna standar televisi]
·
Model
warna Berorientasi Software
a.
Model
HSV (Hue, Saturation, Value)
b.
Model
HSI (Hue, Saturation, Intensity)
c. Model
HLS (Hue, Lightness, Saturation)
5. Buatlah
satu model objek 2D/3D menggunakan perintah-perintah di Open GL !
·
Membuat
Segitiga 2D pada Open GL
glBegin(GL_Triangles);
glVertex(x,y);
glVertex(x2,y2);
glVertex(x3,y3);
glEnd();
·
Membuat bola kasar pada Open GL
Prosedur
icosahedron();
Var
i: integer;
Begin
For
i:= 0 to 19 do
Begin
glColor3f(i/19,i/19,i/19);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex3fv(@vdata[tindices[i][0][0]);
glVertex3fv(@vdata[tindices[i][1][0]);
glVertex3fv(@vdata[tindices[i][2][0]);
glEnd();
end;
end;
·
Membuat
Kubus pada Open GL
Procedure
kubus();
begin
glBegin(GL_QUADS);
//depan
glColor3f(1,0,0);
glVertex3f(1,1,1);
glVertex3f(-1,1,1);
glVertex3f(-1,-1,1);
glVertex3f(1,-1,1);
//belakang
glColor3f(0,1,1);
glVertex3f(1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,-1);
glVertex3f(-1,-1,-1);
glVertex3f(1,-1,-1);
//kiri
glColor3f(0,1,0);
glVertex3f(-1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,1);
glVertex3f(-1,-1,1);
glVertex3f(-1,-1,-1);
//kanan
glColor3f(1,0,1);
glVertex3f(1,1,-1);
glVertex3f(1,1,1);
glVertex3f(1,-1,1);
glVertex3f(1,-1,-1);
//atas
glColor3f(0,0,1);
glVertex3f(1,1,1);
glVertex3f(1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,-1);
glVertex3f(-1,1,1);
//bawah
glColor3f(1,1,0);
glVertex3f(1,-1,1);
glVertex3f(1,-1,-1);
glVertex3f(-1,-1,-1);
glVertex3f(-1,-1,1);
glEnd();
end;
Komentar
Posting Komentar