PERTANYAAN
Apa yang kalian
ketahui tentang kolaborasi antar muka otomatis multimedia (Automotif Multimedia Interface Colaboration) AMI-C? Berikan :
- penjelasan
- contoh, kelebihan dan kekurangan
- saran
JAWABAN
PENGERTIAN
Kolaborasi
Antarmuka Otomotif Multimedia
AIMC (Automotive
Multimedia Interface Collaboration) atau Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia adalah suatu organisasi dunia yang mengurusi atau memberikan standar
kepada perusahaan otomotif dalam membangun interface (antarmuka) multimedia pada
kendaraan yang akan diproduksi oleh perusahaan otomotif.
Sistem
multimedia yang ada di dalam sistem otomotif meliputi sistem dari kendaraan itu
sendiri, sistem kendaraan yang terhubung dengan mobile system, dan sistem
entertaiment (hiburan) yang ada di dalam mobil.
VISI
DARI AIM-C
Semua produsen
otomotif dunia dan pemasok mereka mencapai konsensus tentang persyaratan inti
umum untuk informasi mobile dan sistem hiburan.
MISI
DARI AIM-C
Membentuk
organisasi industri otomotif global yang didedikasikan untuk menciptakan
persyaratan umum yang:
- Aktifkan OEM untuk mengambil keuntungan dari perkembangan terkini dalam informasi mobile dan sistem hiburan
- Aktifkan pengurangan biaya untuk informasi mobile dan sistem hiburan
- Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan informasi mobile dan sistem hiburan
- Meningkatkan aman di dalam kendaraan operasi sistem informasi dan hiburan seluler
- Meningkatkan partisipasi dalam pengembangan informasi mobile dan sistem hiburan
- Meningkatkan kualitas informasi mobile dan sistem hiburan
SEJARAH
AIM-C
The Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai
alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi
mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia
Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di
belakang upaya standardisasi yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface
Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394
spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang
milik 1394TA :
• AMI-C 3023
Power Management Specification
• AMI-C 3013
Power Management Architecture
• AMI-C 2002
1.0.2 Common Message Set Power Management
• AMI-C 3034
Power Management Test Documents
• AMI-C 4001
Revision Physical Specification.
PERUSAHAAN
YANG TERLIBAT AIM-C
Beberapa
perusahaan terlibat dalam organisasi AIM-C ini. Mereka bisa dibagi dua jenis
yaitu perusahaan otomotif-nya (Vehicle Coorporation) dan perusahaan pendukung
(Support Coorporation).
Yang menjadi
Vehicle Coorporation antara lain:
FIAT, Ford Motor
Company
– General Motors
– Honda
– Nissan
– Toyota
– Renault
– PSA Peugeot
Citroen
Yang menjadi
Support Coorporation antara lain:
- AAA
- ACUNIA
- Alpine
Electronics
- B2i
- Delphi
- Denso
Corporation
- Harmonia, Inc.
- Infineon
- Kshema
Technologies
- Mecel
- Mindready
- Molex
- Motorola
- NavTech
- Parrot
- Sensoria Corp.
- Sumitomo
Electric Industries
- Sun
Microsystems
- Tata Elxsi
-Toshiba KN
Systems
- Tyco
Electronics
- Visteon
- Wipro
Technologies
- Xanavi
- XM Satellite
Radio
IMPLEMENTASI
AIM-C
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN AMI-C
KELEBIHAN
AMI-C
- Menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
KEKURANGAN
AMI-C
Dengan system
AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti di jual
dengan harga mahal.
SARAN
Setiap kemajuan teknologi
ditujukan untuk mempermudah penggunanya. Namun, kembali lagi pada masing-masing
pengguna, agar memperhatikan lingkungan agar tetap aman, nyaman dan terkendali untuk
membeli bahkan memiliki dan menciptakan suatu inovasi dalam pengembangan Automotif Multimedia Interface Colaboration.
SARAN
Setiap kemajuan teknologi
ditujukan untuk mempermudah penggunanya. Namun, kembali lagi pada masing-masing
pengguna, agar memperhatikan lingkungan agar tetap aman, nyaman dan terkendali untuk
membeli bahkan memiliki dan menciptakan suatu inovasi dalam pengembangan Automotif Multimedia Interface Colaboration.
SUMBER
Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Automotif Multimedia Interface Colaboration. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai sistem multimedia yang bisa anda kunjungi di Sistem Multimedia
BalasHapus