TUGAS M&SIM 2

Tugas M - SIM 2
Pak Ega


  1. Sebutkan, jelaskan, dan gambarkan 5 kerangka kerja area pengetahuan sistem informasi !
  2. Sebutkan dan jelaskan 5 sumber daya sistem operasi !
  3. Sebutkan perbedaan dari agile company serta virtual company !
  4. Sebutkan perbedaan antara sistem mikro komputer, sistem skala menengah, sistem mainframe, beserta contohnya !
  5. Sebutkan perbedaan antara database, data warehouse, data mark, dan data mining, beserta contohnya !
  6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan CRM (Customer Relationship Management), beserta fungsi-fungsinya !
  7. Sebutkan keuntngan dan kerugian dari e-commerce !
  8. Buatlah contoh kasus yang terdapat dalam SIM, ceritakan secara detail dari permasalahannya, pemecahan masalahnya sampai dengan solusi terbaik menurut kalian !
Jawaban
1) 

Kerangka kerja tersebut dipusatkan kedalam 5 area pengetahuan SI berikut ini.
1. Konsep konsep dasar
Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasal dari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.
2. Teknologi informasi
Konsep - konsep utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi berbasis internet.
3. Aplikasi bisnis
Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif bisnis.
4. Proses pengembangan
Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.
5. Tantangan manajemen
Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan, dan global dalam bisnis.

2) Sistem informasi terdiri dari 5 sumber daya dasar, yaitu: Manusia, Hardware, Software, Data dan Jaringan. Dibawah ini merupakan contoh Sumber daya sistem informasi dan produknya, meliputi:
a. Sumber daya manusia
Pemakai akhir merupakan orang orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan sistem tersebut. Mereka berupa pelanggan, tenaga penjualan, teknisi, staff administrasi, akuntan dan para manajer. Para pakar merupakan orang orang yang mengembangkan dan mengoperasikan system informasi. Mereka meliputi sistem analis, pembuat software, operator sistem.
b. Sumber daya hardware
- Dapat digolongkan menjadi: Mesin dan Media.
c. Sumber daya software 
Software sistem, seperti program sistem operasi, yang mengendalikan serta mendukung operasi sistem computer. Software aplikasi, yang memprogram pemrosesan langsung bagi penggunaan tertentu komputer oleh pemakai akhir. Contohnya, program analisis penjualan, program pengolahan kata dan program penggajian.
Prosedur, yang mengoperasikan perintah bagi orang orang yang akan menggunakan system informasi. Contohnya, prosedur entri data, prosedur untuk memperbaiki kesalahan, prosedur pendistribusian cek gaji.
d. Sumber daya data 
Termasuk deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, database persediaan.
e. Sumber daya jaringan meliputi Media komunikasi, pemproses komunikasi, software untuk akses dan pengendalian jaringan.

3) PERUSAHAAN TANGKAS / GESIT (agility company) dalam sebuah kinerja bisnis dapat diartikan sebagai keberhasilan perusahaan dalam mengahadapi perubahan yang sangat cepat, dan pasar global yang semakin terpisah pisah sesuai dengan tuntutan akan kualitas tinggi, kinerja baik dan semakin personal sesuai keinginan konsumen.
Untuk mewujudkan Agile company, ada 4 strategy dasar yang harus dilaksanakan :
Konsumen harus mengetahui bahwa produk perusahaan adalah solusi individu atas maalah yang dihadapi, sehingga harga produk dapat ditetapkan dengan basis nilai (value) sebagai sebuah solusi, dibandingkan dengan harga produksi semata 
Bekerjasama dengan konsumen, suplier dan kompetitor agar dapat menyediakan produk di pasar dengan segera dan biaya seefektif mungkin 
Mengatur perusahaan sehingga dapat berkembang pesat dalam keadaanyang selalu berubah dan diliputi ketidakpastian. Cara yang dilakukan dengan menerapkan struktur organisasi fleksibel yang mengacu pada kesempatan di pasar 
Melipatgandakan dampak dari sdm dan pengetahuan yang dimiliki 
Hambatan utama terhadap performansi dalam Agile Competion bukanlah peralatan, tetapi arus informasi internal maupun antar perusahaan

VIRTUAL COMPANY -- VC adalah perusahaan yang menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan manusia, organisasi, aset dan gagasan/pikiran. VC menciptakan jaringan informasi melaui jaringan internet, intranet dan ekstranet. Juga menciptakan Interenterprise information systems dengan pemasok, konsumen, subkontraktor dan supplier. 
Strategi Virtual Company
- Sharing infrastruktur dan resiko 
- Adanya link antar berbagai kompentensi utama 
- Meningkatkan fasilitas dan cakupan pasar  
- Adanya akses ke market-market baru atau memperoleh loyalitas pelanggan 
- Beralih dari menjual produk ke menjual solusi.

4) Yaitu :
a. Sistem Mikrokomputer 
Mikrokomputer adalah kategori yang paling penting dari sistem komputer bagi pelaku bisnis dan pelanggan. Meskipun biasa disebut PC, mikro komputer lebih dari sekedar komputer kecil untuk pemakai individual. Contohnya komputer pribadi, komputer jaringan, tempat kerja teknis, PDA, peralatan informasi dan lain-lain.
b. Sistem Skala Menengah (Midrange system)
Midrange system adalah server jaringan yang tinggi dan server jenis lainnya yang dapat memproses banyak aplikasi bisnis. Meskipun tidak sehebat komputer mainframe, system skala menengah lebih hemat untuk dibeli, dijalankan, dan dipelihara dari pada system mainframe, sehingga dapat memenuhi kebutuhan komputasi banyak organisasi. Sistem ini pada awalnya disebut sebagai minikomputer yang digunakan untuk penelitian ilmiah, sistem instrumentasi, analisis teknik, serta pengawasan dan pengendalian proses industri. Contohnya server jaringan, web server, sistem multipemakai dan lain-lain.
c. Sistem Mainframe
Sistem mainframe adalah merupakan sistem komputer yang besar, cepat, dan berdaya tinggi. Misalnya mainframe dapat memproses ribuan juta instruksi per detik. Mainframe juga memiliki kapasitas penyimpanan utama yang besar. Kapasitas memory utamanya dapat berkisar mulai ratusan MB hingga beberapa GB. Contohnya sistem perusahaan, superserver, prosesor transaksi, super komputer dan lain-lain.

5) Data Warehouse (yang secara harafiah berarti gudang data) adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan non volatile untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Jadi, dalam istilah yang lebih sederhana, data warehouse adalah basis data yang ditujukan untuk analisis, pelaporan, dan terkadang juga untuk penambangan pengetahuan (knowledge mining).Subject oriented : data warehouse mengorganisasikan subjek utama perusahaan (pelanggan, produk, dan penjualan), bukan area aplikasi utama (faktur pelanggan, pengawasan stock, dan penjualan produk). Hal ini menggambarkan kebutuhan untuk menyimpan data pendukung keputusan daripada aplikasi yang berotientasi data.Integrated : pengambilan secara bersamaan sumber data yang berasal dari sistem aplikasi berbagai perusahaan besar yang berbeda. Sumber data sering tidak konsisten, misal berbeda format. Sumber data yang teringrasi harus dapat dibuat konsisten untuk menggambarkan view gabungan data pemakai.Time variant : data warehouse hanya akurat dan valid pada saat tertentu atau beberapa interval waktu tertentu.Non volatile : data tidak diperbaharui secara real time tetapi diperbaharui dari sistem operasianal secara regular. Data baru selalu ditambahkan sebagai lampiran pada basis data, bukan menggantikan data lama.Arsitektur data warehousekeuntungan data warehouse adalah sebagai berikut 1. Data diorganisir dengan baik untuk query analisis dan sebagai bahan untuk pemrosesan transaksi.2. Perbedaan diantara struktur data yang heterogen pada beberapa sumber yang terpisah dapat diatasi.3. Aturan untuk transformasi data diterapkan untuk memvalidasi dan mengkonsolidasi data apabila data dipindahkan dari database OLTP ke data warehouse.4. Masalah keamanan dan kinerja bisa dipecahkan tanpa perlu mengubah sistem produksi.
Sumber data untuk warehouse :
1. Data operasional dalam organisasi, misalnya basis data pelanggan dan produk.
2. Sumber eksternal yang diperoleh misalnya melalui internet, basis data komersial, basis data pemasok atau pelanggan.

3. Berbagai data yang berasal dari sumber digabungkan dan diproses lebih lanjut oleh manajer data warehouse dan disimpan dalam basis data tersendiri.
4. Selanjutnya, perangkat lunak seperti OLAP dan data mining dapat digunakan oleh pemakai untuk mengakses data warehouse.
Alur data warehouse
1. Inflow : pengekstrasian, pembersihan dan pemuatan sumber data.
2. Upflow : menmbahkan nilai data ke dalam warehouse melalui ringkasan, pemaketan, dan pendistribusian data.
3. Downflow : pengarsipan dan back up data kedalam warehouse.
4. Outflow : membuat data agar tersedia untuk pemakai akhir.
5. Meta-flow : pengaturan meta-data
Data Mart adalah  bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasional pada suatu persahaan. Data mart sering digunakan untuk memberikan informasi kepada segmen fungsional organisasi.
Data mart pada umunya di organisasikan sebagai suatu dimensional model, seperti star-schema (OLAP Cube) yang tersusun dari sebuah fact dan beberapa tabel dimension. Karakteristik Data Mart
1. Data mart memfokuskan hanya pada kebutuhan-kebutuhan pemakai yang terkait dalam sebuah departemen atau fungsi bisnis.
2. Data mart biasanya tidak mengandung data operasional yang rinci seperti pada data warehouse.
3. Data mart hanya mengandung sedikit informasi dibandingkan dengan data warehouse. Data mart lebih mudah dipahami.
Mart data memiliki berbagai keuntungan terutama sebagai berikut:1. Akses mudah ke data yang sering digunakan2. Penciptaan pandang kolektif untuk sekelompok pengguna3. Peningkatan respon-time dari pengguna akhir4. Fleksibel dan mudah cara pembuatan5. Lebih hemat biaya daripada Data warehouse 6. Definisi pengguna lebih jelas dari sebuah gudang data.Kelemahan Data Mart, sebagai berikut :1. Tidak bisa sepenuhnya menilai kinerja LAN berbasis sistem manajemen database sementara port dari satu lingkungan yang lain.2. Dapat mendukung kelompok-kelompok pengguna kecil atau sederhana sumber data, yang tidak ideal untuk aplikasi perangkat lunak didistribusikan dan pengembangan skala besar Perusahaan-lebar sistem manajemen database.
Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata dengan melakukan penggalian pola pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga yang diperoleh dengan cara mengekstrasi dan mengenali pola yang penting atau menarik dari data yang terdapat dalam basis data.

6) Customer Relationship Management (CRM) adalah Salah satu aplikasi dari Cross-functional Enterprise System 
Customer Relationship Management (CRM) merupakan aplikasi yang mengintegrasikan danmengotomatiskan berbagai proses pelayanan pelanggan dalam penjualan, pemasaran langsung, account and order management, dukungan dan pelayanan pelanggan. Solusi CRM menyediakan fungsi-fungsi yang meliputi banyak hal untuk dapat mengatur, merencanakan dan membuat laporan di seluruh lingkup bidang penjualan, diantaranya: 
a. Penambahan dan perubahan informasi mengenai pelanggan 
b. Mengakses data penjualan pelanggan dan data mengenai harga barang yang telah diberikan 
c. Mengakses data status mengenai keuangan pelanggan yang terakhir 
d. Mendeteksi dan memprediksi seluruh peluang-peluang sesuai dengan jalurnya 
e. Secara otomatis dapat menginformasikan daftar calon-calon pelanggan yang berpotensi 
f. Mendapatkan informasi yang kompetitif. 

7) Beberapa keuntungan dari e-commerce adalah
1. Biaya operasional berkurang
2. Meningkatkan kualitas pelayanan
3. Memperbesar aliran pendapatan baru
4. Meningkatkan pangsa pasar
5. Melebarkan jangkauan pasar
Kerugian bagi pihak konsumen antara lain
1. Rasa kurang puas terhadap fisik barang
2. Kurang percaya dengan barang yang dipesan
3. Kultur bahwa belanja rekreasi
Kerugian bagi pihak produsen antara lain
1. Kerusakan sistem secara tiba-tiba
2. Kerusakan dari penyelenggara ISP

Komentar

  1. kenapa gak sekalian jawabannya? haha :p
    btw template blognya keren

    BalasHapus
  2. hihihi.. ini postingannya gk update gan. maaf!
    yang udah jawabannya ada di http://veny-tioanah.blogspot.com/2013/05/manajemen-dan-sistem-informasi.html

    BalasHapus
  3. Sampe sekarang pak ega masih aja kasih soal ini, ega banget dia.. haha

    BalasHapus
  4. gw juga masih diajar sama pak ega nih hehe

    BalasHapus
  5. gw juga masih diajar sama pak ega nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti udah lulus kan ya sekarang ? wahahaha

      Hapus
  6. sorry itu yang nomer 5 data base nya belum dijelasin,makasih

    BalasHapus
  7. Saya juga masih diajar pak ega dan soalnya masih sama

    BalasHapus
  8. Gunadarma kampusku
    Pa ega dosen idolaku

    BalasHapus

Posting Komentar