ETIKA & PROFESIONALISME TSI

Tugas
Carilah makalah tentang pengertian etika, profesi dan profesionalisme
- berikan contoh-contohnya !
- berikan pendapat dan saran-saran anda !

Jawaban

PENGERTIAN ETIKA
Kata etika berasal dari bahasa yunani dari kata ethos yang berarti kebiasaan atau sifat sedangkan yang kedua dari kata ethos, yang artinya peasant batin atau kecenderungan batin yang mendorong manusia dalam perilakunya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia etika dijelaskan dengan membedakan tiga arti sebagai berikut :
1.       Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
2.      Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak.
3.      Nilai mengenai benar dan salah dianut suatu golongan masyarakat.
Atau etika merupakan refleksi atau apa yang disebut dengan self kontrol, karena segala seseuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.

ETIKA KOMPUTER
Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.

JENIS ETIKA

  1. Etika Filosofi. Etika filosofis secara harfiah dapat dikatakan sebagai etika yang berasal dari kegiatan berfilsafat atau berpikir, yang dilakukan oleh manusia.
  2. Etika Teologis. Ada dua hal yang perlu diingat berkaitan dengan etika teologis. Pertama, etika teologis bukan hanya milik agama tertentu, melainkan setiap agama dapat memiliki etika teologisnya masing-masing. Kedua, etika teologis merupakan bagian dari etika secara umum, karena itu banyak unsur-unsur di dalamnya yang terdapat dalam etika secara umum, dan dapat dimengerti setelah memahami etika secara umum.

Relasi Etika Filosofis dan Etika Teologis
Terdapat perdebatan mengenai posisi etika filosofis dan etika teologis di dalam ranah etika. Sepanjang sejarah pertemuan antara kedua etika ini, ada tiga jawaban menonjol yang dikemukakan mengenai pertanyaan di atas, yaitu:
  • Revisionisme
  • Sintesis
  • Diaparalelisme

PENGERTIAN PROFESI DAN PROFESIONALISME
Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan berkaitan dengan keahlian khusus dalam bidang pekerjaannya. Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetapi memerlukan suatu persiapan melalui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Pekerjaan tidak sama dengan profesi. Istilah yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam adalah sebuah profesi sudah pasti menjadi sebuah pekerjaan, namun sebuah pekerjaan belum tentu menjadi sebuah profesi. Profesi memiliki mekanisme serta aturan yang harus dipenuhi sebagai suatu ketentuan, sedangkan kebalikannya, pekerjaan tidak memiliki aturan yang rumit seperti itu. Hal inilah yang harus diluruskan di masyarakat, karena hampir semua orang menganggap bahwa pekerjaan dan profesi adalah sama.

Profesional adalah orang yang mempunyai atau menjalankan profesi dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Setiap profesional berpegang pada nilai moral yang mengarahkan dan mendasari perbuatan luhur. Dalam melaksanakan tugas profesinya, para profesional harus bertindak objektif, artinya bebas dari rasa malu, sentimen , benci, sikap malas dan enggan bertindak. Seorang profesional dituntut memiliki : Pengetahuan, Penerapan keahlian, Tanggung jawab social, Pengendalian diri dan Etika bermasyarakat sesuai  dengan profesinya.

Profesionalisme merupakan komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuannya secara terus menerus. “Profesionalisme” adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Alam bekerja, setiap manusia dituntut untuk bisa memiliki profesionalisme karena di dalam profesionalisme tersebut terkandung kepiawaian atau keahlian dalam mengoptimalkan ilmu pengetahuan, skill, waktu, tenaga, sember daya, serta sebuah strategi pencapaian yang bisa memuaskan semua bagian/elemen. Profesionalisme juga bisa merupakan perpaduan antara kompetensi dan karakter yang menunjukkan adanya tanggung jawab moral.­

CONTOH DARI ETIKA, PROFESI & PROFESIONALISME
Contoh Etika :

  • Mengucapkan salam saat bertamu.
  • Tidak menyela perbincangan orang lain.
  •  Mencium tangan orang tua sebelum bepergian kemanapun. 
  •  Makan dan minum menggunakan tangan kanan.
  • Mengucapkan terima kasih jika diberi sesuatu.
  • Merendahkan suara jika berbicara dengan orang yang lebih tua.
  • Mengantri saat menunggu giliran.
  • Memberi sesuatu dengan tangan kanan.
  • Mempersilahkan orang yang lebih tua, ibu hamil duduk bila di kendaraan umum.

Contoh Profesi di bidangnya:

  •  Ekonomi          : akuntan, ekonom.
  • Bahasa             : translator.
  • Kesehatan       : dokter dan suster / perawat.
  • Seni                 : pelukis, pemahat, pemusik, penari.
  • Pendidikan      : guru dan dosen.

Contoh Profesionalisme

  • Seorang yang profesional akan mampu menghadapi permasalahan dalam pekerjaannya dengan baik.
  • Setiap perusahaan memiliki standar kerja terhadap pegawai-pegawainya.
  • Setiap profesi memiliki kode etiknya masing-masing.

PENDAPAT DAN SARAN SAYA
Menurut pendapat saya Etika, Profesi dan Profesionalisme sangat lekat kaitannya dengan kehidupan dan kesenjangan social kita di masyarakat. Hidup dengan etika yang benar dalam berprofesi akan menjadikan kita bersikap profesionalisme. Siapa dan apapun profesi kita, kita dituntut untuk berEtika yang benar dan santun baik terhadap senior ataupun junior. Kebiasaan berEtika yang benar dan santun menghantarkan hidup kita ke dunia yang lebih baik, tentram, damai dan lagi menjadi contoh yang baik. Apalagi jika kita seorang pemimpin, etika dalam bersikap dan berucap akan mencerminkan bagaimana kita melakoni profesi dengan baik, santun dan bijak. Tidak pantas rasanya, jika pemimpin kita berkata ‘kasar’ kepada bawahannya apalagi di khalayak ramai dan disaksikan oleh semua usia. Dampak buruk akan terbawa kepada bawahan dan rakyat di pimpinnya. Mereka akan terbiasa mengucapkan kata-kata kasar karena mengganggap itu tak lagi mengapa jika dilakukan, ‘toh pemimpin kita juga biasa saja mengucapkannya. Bagaimana jika anak-anak yang mendengarnya? Anak-anak adalah penerus bangsa ini, jika dari mereka kecil terbiasa mendengarkan orangtuanya berkata ‘kasar’ sedemikian rupa, akan terjadi hal yang sangat tidak diinginkan oleh para orangtua mereka, yaitu anak-anak mereka akan berkata hal yang sama kepada orang lain bahkan kepada orangtua mereka ucapan yang seharusnya belum boleh mereka ucapkan. Namun, apa boleh buat mereka sudah mendengarnya dan terekan di otak mereka kata-kata kasar yang di ucapkan oleh pemimpin daerah atau negerinya ucapan yang tak pantas tersebut. Mereka menjadi generasi yang keras, kasar bahkan arogan karena kata-kata yang tak baik sering diperdengarkan.

Saya pernah mendengar cerita seperti ini :
Ada 2 tanaman yang sama, sama-sama diberikan pupuk dan disiram air. Namun ada yang berbeda saat melakukan proses pemberiannya :
  1. Tanaman pertama, diberi pupuk oleh sang pemilik sambil mengeluarkan caci dan maki. ‘hei kau tanaman sial, tumbuhlah buah yang banyak jangan sedikit-sedikit kau berbuah’ dan saat diberi air ‘minum nih, awas ya kalau gak berbuah saya babat kau habis’.
  2. Tanaman kedua, diberi pupuk oleh sang pemilik sambil mengucapkan. ‘tanaman yang indah, tumbuhlah buah yang banyak agar kami semua mendapatkan kenikmatan dan kesegaran buahmu’ dan saat diberi air ‘tanaman, jadilah tumbuhan yang tinggi, subur dan berbuah banyak ya...
Maka apa yang terjadi pada kedua pohon tersebut? Tanaman pertama tumbuh lebih lamban dan berbuah, namun rasanya tidak manis. Tanaman kedua, tumbuh begitu cepat, berbuah lebat dan rasanyapun manis.

Jadi, bermanis dan santunlah berEtika apapun profesimu. Bersungguh-sungguhlah kita agar bias menjadi sosok yang memiliki profesionalisme tinggi, manfaat untuk banyak orang. Kelak kita akan memetik buah dari itu semua.

Referensi

Komentar

  1. Issues like these and all sorts of the other complex ones are extremely easily resolved by all of us at QuickBooks Support telephone number. Our customer service executives are experienced, talented, hardworking a competent.

    BalasHapus
  2. Here we will update you how you can obtain QuickBooks Enterprise Technical Support Number or simple suggestions for connecting QuickBooks enterprise customer support contact number.

    BalasHapus
  3. Support once you go through the blink of a wrist watch. If you're experiencing any hiccups in running the Enterprise type of theQuickBooks Enterprise Technical Support Number for your requirements, a good idea is not to ever waste another second in trying to find an answer for the problems.

    BalasHapus
  4. How to contact QuickBooks Payroll support?
    Different styles of queries or QuickBooks related issue, then you're way in the right direction. You simply give single ring at our toll-free intuitQuickBooks Online Payroll Contact Number . we are going to help you right solution according to your issue. We work on the internet and can get rid of the technical problems via remote access not only is it soon seeing that problem occurs we shall fix the same.

    BalasHapus
  5. QuickBooks Help Number – Inuit Inc has indeed developed a superb software product to undertake the financial needs of the small, medium and large-sized businesses. The name of this application is QuickBooks. QuickBooks, particularly, does not need any introduction for itself. But a person who is unknown for this great accounting software, we wish you to definitely give it a try.

    BalasHapus
  6. Our specialist can surely do wonders as well as do it each and every day when a person comes to us with their QuickBooks problems. Our QuickBooks Support Phone Number team team, especially, tackle every bugs and error of QuickBooks.

    BalasHapus
  7. QuickBooks Enterprise offers useful features which makes it more reliable as well as efficient. You can easily run your online business smoothly with great ease and flexibility utilizing this specialized accounting software. This is how you can save your valued time & money using intuit enterprise support. If you're a QuickBooks user and facing any issue regarding this software then call on the QuickBooks Enterprise Support Number.

    BalasHapus

  8. Our QB Experts are pretty knowledgeable about all of the versions of QuickBooks Enterprise released on the market till now by Intuit. So be it selecting the most appropriate version of QB Enterprise to your requirements or assessing the sorts of errors which can be usually encountered to the various versions of QuickBooks Enterprise Support Number.

    BalasHapus
  9. Our QB Experts are pretty knowledgeable about all of the versions of QuickBooks Enterprise Tech Support Phone Number released on the market till now by Intuit. So be it selecting the most appropriate version of QB Enterprise to your requirements or assessing the sorts of errors which can be usually encountered to the various versions of QB Enterprise.

    BalasHapus
  10. The principal intent behind Support For QuickBooks is to offer the technical help 24*7 so as in order to prevent wasting your productivity hours. This is certainly completely a toll-free QuickBooks client Service variety that you won’t pay any call charges. Of course, QuickBooks is certainly one the large choice of awesome package when you look at the company world.

    BalasHapus
  11. QuickBooks Technical Support Phone Number, Point of Sales, QuickBooks Merchant Services and Inventory issues to provide 24/7 service to the esteemed customers. QuickBooks Payroll Services provide methods to your entire QuickBooks problem and in addition assists in identifying the errors with QuickBooks data files and diagnose them thoroughly before resolving these issues.

    BalasHapus
  12. Any QuickBooks Technical Support Number user faces any sort of identified errors in their daily accounting routine; these errors can differ from 1 another to a large degree, so our dedicated QuickBooks Payroll Pro-Advisers are very well built with their tools and expertise to give best possible resolutions in no time to the customers.

    BalasHapus

  13. QuickBooks Support Phone Number: Professional Technicians
    For a lot of of this business organizations, it really is and contains for ages been a challenging task to handle the business enterprise accounts in an effective way by locating the appropriate solutions.

    BalasHapus
  14. QuickBooks Support Phone Number software has been developed for the sole purpose of enabling the individuals in creating customary as well as financial ties, letting them manage cash flow, update the billings and also the transactions. Since privacy is the governing case of concern, which means this software program is also effective in protecting important computer data from cyber threats plus it has an incredible feature of making file backups, in order to make their access easier.

    BalasHapus
  15. If you are merely facing almost any errors or issues each day with your QuickBooks Support Number accounting software then don’t concern yourself with it. Primeaxle always provides you with the most effective & most amazing team to just resolve or fix your errors or issues at any time.

    BalasHapus
  16. What’s more important is to obtain the proper help at the right time? Your own time is valuable. You must invest it in an essential business decision and planning. Anytime and anywhere you can solve your worries from our experts and Proadvisors via Quickbooks Support

    BalasHapus
  17. QuicKbooks Customer Support Phone Number Accounting and Bookkeeping services include: Evaluating current accounting forms, giving managerial administrations, essential accounting including records of sales, records payable, general record and finance.

    BalasHapus
  18. QuickBooks Tech Support Phone Number – Inuit Inc has indeed developed an excellent software product to manage the financial needs associated with the small and medium-sized businesses. The name regarding the application is QuickBooks. QuickBooks, particularly, doesn't have any introduction for itself. But one who is unknown to this great accounting software, we wish one to give it a try.

    BalasHapus
  19. It’s extraordinary for organizations which report using one basis & record assesses yet another.Search to the chart of accounts really is easy to control with added search bar right into the chart of accounts. For better information, you could call at QuickBooks Enterprise Tech Support Number.

    BalasHapus
  20. Encountering a slip-up or Technical break down of your QuickBooks or its functions can be associate degree obstacle and put your work on a halt. this can be not solely frustrating however additionally a heavy concern as all of your crucial information is saved on the code information. For the actual reason, dig recommends that you simply solely dial the authentic QuickBooks Support sign anytime you would like any facilitate along with your QuickBooks. Our QuickBooks specialists can assist you remotely over a network.

    BalasHapus
  21. And another such feature that makes it absolute distinctive is QuickBooks Payroll, also to support it, QuickBooks Payroll Support Phone Number play an important role.

    BalasHapus
  22. QuickBooks Payroll Support Phone Number is an accounting, cloud-based software, founded by Inuit Inc. This has aimed when it comes to highest pedestal in managing accurate financial records for several types of business.

    BalasHapus
  23. QuickBooks Support Phone Number has completely transformed just how people used to operate their business earlier. To get used to it, you should welcome this positive change. Supervisors at QuickBooks Support telephone number have trained all their executives to combat the problems in this software.

    BalasHapus
  24. It holds information, causes as well as the action causing the error. Banking error 9999 may encountered the user while searching online. It hangs, responds slower or even stop working. When trying updating the information, the users get entangled in error. If you would like to learn how to Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

    BalasHapus

Posting Komentar