Wah-wah-wah akhirnya dosen kami ada.. dosen Mata Kuliah Softskill.. Mata kuliah ini adanya sebulan sekali loh kawan-kawan!!
Dosen dikelas ku namanya pak SUJIRAN..
Aku punya cerita.. sabtu-sabtu sebelum ada dosennya kami pernah datang pagi-pagi buta.. *uuuh lebay ah!! Katanya sih ada matakuliah softskill.. dan kami di suruh cari informasi terlebih dahulu ke baak online untuk mengetahui kelas mana yang bisa kami tempati untuk mempelajari Ilmu Sosial Dasar tsb.. :D itu kejadian di sabtu tanggal 8 oktober 2011
eeh.. usut punya usut dari baak online dan beralih ke sekdos.. ternyata jadwalnya baru bisa terpakai pekan akan datang.. tepatnya berlaku untuk tanggal 10.. betapa menyesalnya kami semua datang pagi-pagi Buta. Sampai-sampai tuh yah!! Salah satu temanku yang ganteng dan keturunan Chinese.. jauh-jauh rela kehujanan diperjalan dengan bukti terpasang sandal jepit dikedua kaki lentik nan putihnya itu. Hem.. rasa keputus asaan akan ketidak kunjungannya dosen di matakuliah ini lama-kelamaan kian sirna.. karena-karena-karena.. saat ini kami sudah kedatangan Tamu.. ups, aku salah. Dosen maksudnya.
iyah, sudah ada dosen yang mengisi matakuliah ini, pertama datang.. beliau sudah ontime di kelas namun personil 1ka41 tak kunjung menyadari kehadirannya di kelas itu. Hingga pada akhirnya, ada salah seorang mahasiswa yang memiliki telepati kuat dengan sang dosen. Dan menyuruh temannya untuk bertanya.. “itu bapak sujiran kali yah?? Dosen kita..! coba deh masuk Tanya ke dalam!” mahasiswa yang memiliki telepati kuat dengan sang dosen.. pertanyaannya pun disambut dengan indah dengan salah satu mahasiswi terpopuler di kelas ku “diih.. lo aja.. gak ah gw malu”.. balas si mahasiswa bertelepati kuat itu “yeee.. coba dih Tanya dulu… kayaknya beneran deh tu dosen kita”. Aku bilang aja “ehh.. kamu donk bertanggung jawab sebagai wakil ketua kelas… ayoo sana masuk kedalam.. apa aku aja nih yang masuk?? Ho’oh??”.. eeeeeeh.. pada akhirnya kita semua memberanikan masuk kedalam kelas secara gotong royong. Alias bergerombol masuk kedalam kelas untuk menanyakan kepada bapak dosen yang ada didalam.. apa beliau itu adalah dosen yang kami cari-cari selama ini? Atau beliau DOSEN YANG DITUKAR?? Hehe :p
Uhuuui,, ternyata beneran lho beliau pak Sujiran… dosen softskill kita.. ‘eh temen-temen sini… cepetan masuk!!’ Pak Sujiran pun memberikan mukadimah sesaat.. dan kami langsung disuapi dengan uraian kata-kata nan indah yang di implementasikan ke dalam sebuah bentuk soal-soal.. sungguh.. yang demikian ini adalah bentuk nyata dari sebuah keberadaan mata kuliah soft skil.. *hohohoho.. mulai lebai lagi nih akunya.. emmmh.. I think enough.. I must to do it all my homework from Mr.Sujiran.. come on girls and guys.. Let me to start explanation first BAB alias BAB 1 about “ISD sebagai salah satu MKDU (Mata Kuliah Dasar Utama)”.
Teman-teman saatnya kita Bahas Materi nih.. yuuk kita kupas tuntas setuntas-tuntasnya..!!
Aku mau buatin skema Materi yang akan kita bahas di BAB 1 ini yah.. ^_~ silahkan disimak..BAB I
I. ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU (MATA KULIAH DASAR UTAMA)
I. ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU (MATA KULIAH DASAR UTAMA)
A PENGERTIAN ISD
Tahukah kamu apa ISD itu? ISD atau Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
ISD atau Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmihanya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
ISD bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena ISD tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya. (sumber bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf)
ISD sebagai salah satu MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin (interdisiplin dan atau multidisiplin) dengan memanfaatkan pengertian-pengertian (fakta,konsep, teori) yang berasal dari lapangan ilmu ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, social, sosiologi, antropologi dan psykologis sosial.
B. TUJUAN ISD
Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar adalah sebagai berikut :
© Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
© Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga Indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
© Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat.
© Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka.
© Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
© Menyadari bahwa setiap masalah yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks. (Sumber – Blog http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_8856/title_pengertian-ilmu-sosial-dasar/ )
© Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga Indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
© Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat.
© Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka.
© Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
© Menyadari bahwa setiap masalah yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks. (Sumber – Blog http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_8856/title_pengertian-ilmu-sosial-dasar/ )
C. Sebutkan 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan dapat dikelompokan melalui beberapa cara. Secara umum ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga yaitu :
¨ Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah / Ilmu Pengetahuan Alam), meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
¨ Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial / Ilmu Pengetahuan Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
¨ Humanities (Ilmu-ilmu Budaya / Ilmu Pengetahuan Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain. (Sumber – Blog http://manyul83.blogspot.com/2010/04/kelompok-ilmu-pengetahuan.html dan bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf)
II. ISD DAN IPS
A. Perbedaan antara ISD dan IPS
Adapun perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut :
1. ISD diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan IPS diberikan pada saat SD/SMP/SMA/SMK/MA
2. ISD adalah mata kuliah tunggal, sedangkan IPS adalah sebuah kelompok/gabungan dari beberapa materi. Misal : (Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi).
3. ISD diarahkan untuk pembentukan karakter/sikap, sedangkan IPS adalah pembentukan pengetahuan dan kterampilan intelektual.
2. ISD adalah mata kuliah tunggal, sedangkan IPS adalah sebuah kelompok/gabungan dari beberapa materi. Misal : (Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi).
3. ISD diarahkan untuk pembentukan karakter/sikap, sedangkan IPS adalah pembentukan pengetahuan dan kterampilan intelektual.
B. Persamaan antara ISD dan IPS
Adapun persamaan antara keduanya adalah sebagai berikut :
1. Keduanya sama-sama merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang dapat berdiri sendiri.
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
(Sumber - bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf)
III. RUANG LINGKUP ISD
ISD meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, kemudian berikutnya terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran STUDI ISD adalah aspek-aspek yg paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yg terwujud dari padanya.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataankenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
a. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok / golongan.
b. Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan atau konflik, kerja sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
a. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
b. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
c. Masalah pemuda dan sosialisasi.
d. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
e. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
f. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
g. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
h. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
(Sumber - bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf)
Nama : Veny Tioanah
Npm : 17111907
Kelas : 1KA41
by. ve-post
Nama : Veny Tioanah
Npm : 17111907
Kelas : 1KA41
by. ve-post
Komentar
Posting Komentar