Telematika - tugas 1

Veny Tioanah
17111907
4KA43
Pengantar Telematika #softskill

Apa yang dimaksud dengan telematika?
Berikan penjelasannya!
Berikan contoh kelebihan dan kekurangan!
Berikan saran!


DEFINISI dan PENJELESAN TELEMATIKA
a.       Definisi
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “telematique” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe

Penjelasannya
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication.

b.      Definisi
Telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology

Penjelasannya
Karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah "konvergensi".

c.       Definisi
Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology). Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah "konvergensi".

Penjelasannya
Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

d.      Definisi
Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara.

Penjelasannya
Cara mentransmisikannya yaitu dengan perantaraan suara (telepon, musik), huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya.

e.       Definisi
Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampikan informasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital.

Penjelasannya
Teknologi digital memungkinkan hal itu terjadi karena jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet)

f.       Definisi
Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology)

g.      Definisi
Hukum Telematika adalah hukum terhadap perkembangan konvergensi TELEMATIKA yang berwujud dalam penyelenggaraan suatu sistem elektronik, baik yang terkoneksi melalui internet (cyberspace) maupun yang tidak terkoneksi dengan internet. 

Penjelasannya
Lingkup pengkajian Hukum Telematika terfokus pada aspek-aspek hukum yang terkait dengan sistem informasi dan sistem komunikasi


CONTOH PENERAPAN TELEMATIKA PADA E-LEARNING SEBAGAI TEKNOLOGI INFORMASI DIBIDANG PENDIDIKAN.
CONTOH PENERAPAN TELEMATIKA PADA E-LEARNING SEBAGAI TEKNOLOGI INFORMASI DIBIDANG PENDIDIKAN.
Jika dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang konvensional/ tradisional, e-learning memang memiliki beberapa KELEBIHAN diantaranya :
  • E-learning dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis (dalam kasus tertentu).
  • Elearning mempermudah  interaksi  antara  peserta  didik  dengan  bahan /  materi, peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik.
  • Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
  • Kehadiran pengajar tidak mutlak diperlukan
  •  Pengajar akan lebih mudah :
1. Melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir.
2.  Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya.
3.  Mengontrol kegiatan belajar peserta didik.


E-learning juga mempunyai beberapa KELEMAHAN, diantaranya :
  • Untuk sekolah tertentu terutama yang berada di daerah, akan memerlukan investasi yang mahal untuk membangun e-learning ini.
  • Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
  • Keterbatasan  jumlah  komputer  yang  di miliki  oleh  sekolah  akan  menghambat pelaksanaan e-learning.
  • Bagi orang yang gagap teknologi, sistem ini sulit untuk diterapkan.


SARAN
Telematika bukan hanya bermanfaat dibidang e-learning saja, namun juga dalam berbagai bidang sangat berguna misalkan pada transaksi perdagangan atau sering kita kenal dengan sebutan e-commerce kemudian dibidang perbank-an dan lain sebagainya yang belum bisa disebutan satu-persatu. Namun, karena yang saya bahas adalah peran dibidang e-learning, maka saran saya untuk sekolah-sekolah dibutuhkan pengajar sebagai mediator yang dapat membantu memberikan pengetahuan mengenai pentingnya telematika. Setelah itu sekolah menyediakan fasilitas yang dapat membantu para peserta ajar dan pengajar menerapkan dan melaksanakannya terutama pada sekolah yang territory berada di pedalaman yang membutuhkan dana instalasi yang lumayan banyak dibandingkan dengan sekolah yang berada di daerah kota dan mudah mendapatkannya. Masalah pendanaan itu sebaiknya dipikirkan oleh para pemimpin di masing-masing daerahnya. Peran Pemerintah juga dibutuhkan di sini karena dengan perkembagan teknologi dunia juga semakin hari semakin banyak mengalami kemajuan dan perubahan maka dari itu saya berharap agar pemerintah dapat menaikkan standar kecepatan internet di Indonesia.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://www.bangwildan.web.id/berita-152-apa-itu-telematika.html  



Komentar